BJB: Sharing to Improve Quality of Life

Laporan Keberlanjutan Bank Jabar Banten (BJB) disusun dengan mengacu pada Panduan Pelaporan Keberlanjutan (Sustainability Reporting Guidelines) dari Global Reporting Initiative (GRI) Versi 3.1. Laporan memaparkan kinerja bank BJB di tiga bidang, yakni ekonomi, lingkungan dan sosial.

Pelaporan kinerja tersebut disajikan dalam konteks keberlanjutan yang lebih luas, mencakup inisiatif-inisiatif kami untuk mencapai keseimbangan prinsip “triple bottom line”, yakni profit (menghasilkan laba untuk pertumbuhan), people (memberdayakan sumber daya manusia) dan planet (serasi dengan alam). Ruang lingkup pelaporan dititikberatkan pada kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility – CSR) dan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang keduanya merupakan fokus utama kami dalam mengembangkan inisiatif-inisiatif keberkelanjutan.

Laporan menerapkan asas materialitas dalam menetapkan isi laporan, yakni menyajikan isu-isu material yang relevan dan diperlukan oleh pemangku kepentingan dalam membuat keputusan. Materialitas aspek ditetapkan dengan melakukan evaluasi terhadap pemangku kepentingan serta dampaknya bagi keberlanjutan usaha bank bjb. Sebagian indikator GRI G3.1 tidak diungkapkan dalam laporan karena dianggap tidak material atau tidak relevan dengan bisnis perbankan. Di samping itu, terdapat pula indikator GRI yang tidak dilaporkan karena data belum tersedia pada saat penyusunan laporan.

Pemilihan topik laporan diprioritaskan pada isu keberlanjutan yang dianggap material, yaitu mencakup partisipasi bank BJB di bidang lingkungan hidup, kontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Di samping itu, BJB juga melaporkan isu-isu lainnya yang bersifat internal yang mempengaruhi penilaian dan keputusan para pemangku kepentingan, yaitu yang terkait dengan aspek-aspek etika dan integritas, sumber daya manusia, serta tanggung jawab terhadap nasabah dan mitra kerja. kabarCSR/ IA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*