CSR Bantu Atasi Disparitas

Setiap pertumbuhan ekonomi yang tinggi, akan memberikan dampak bagi kesenjangan atau disparitas kehidupan masyarakat kelompok bawah. Disparitas ini masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi bangsa Indonesia, termasuk juga Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Mengurangi disparitas kehidupan masyarakat ini dibutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk perusahaan melalui program corporate social responsibility (CSR).
Pentingnya program CSR dari pihak swasta bagi pembangunan di Provinsi Jawa Timur ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat meresmikan Hotel Papilio Surabaya, Minggu, 9 Agustus lalu.

Menurut Gus Ipul, demikian sapaan yang melekat padanya, Pemerintah kembali mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Jawa Timur agar selalu melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Dengan demikian,masyarakat di sekitar pun juga merasakan kebermanfataan keberadaan perusahaan tersebut.

“Saya ingin menitipkan kepada perusahaan agar selalu mengingat CSR. Caranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Dalam konteks yang lebih besar, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berharap agar CSR perusahaan bisa birsinergi dengan program-program Pemerintah. Tujuannya adalah agar pemberian CSR tidak tumpang tindih.

Keberadaan hotel dan restoran di Jawa Timur, lanjut dia, akan secara otomatis menambah lapangan pekerjaan sekaligus mengungkit pertumbuhan ekonomi. Maka, penyaluran CSR itu juga akan membantu pemerintah di dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat.

Gus Ipul berharap untuk memperpendek kesenjangan, CSR yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya berupa materi saja melainkan kegiatannya bisa dilakukan dalam bentuk pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dalam meningkatkan skill hingga pengatahuan.kabarCSR/KN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*