Gojek, Inovasi dalam Transportasi

Ditengah himpitan permasalahan macet di Jakarta, Gojek menjadi salah satu transportasi alternatif yang mulai digandrungi kaum urban. Gojek adalah layanan pemesanan ojek yang merupakan buah karya putera Indonesia lulusan Harvard. PT Gojek Indonesia sendiri didirikan oleh Nadiem Makarim dan Michaelangelo Moran dan mulai beroperasi di Jakarta sejak tahun 2011. Gojek menghubungkan antara pengguna jasa dengan tukang ojek melalui aplikasi GO-JEK. Para pelanggan cukup memesan lewat ponsel, mengetahui kisaran tarif yang harus dibayar, dan bisa melacak keberadaan ojek yang dipesan melalui GPS yang ada di aplikasi ataupun menghubunginya langsung. Pembayarannya dilakukan secara non tunai dengan sistem kredit yang bisa di top up lewat aplikasi.

Menurut Nadiem, hal ini bertujuan agar tukang ojek yang biasanya mangkal di suatu tempat bisa lebih produktif dan berpenghasilan. Disisi lain para pengguna layanan ojek dimudahkan karena bisa melakukan order dimanapun dan driver gojek akan datang pada waktu yang tepat.

Hal ini senada dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Orang nomor satu di Jakarta yang lebih akrab dipanggil Ahok ini mengatakan Gojek merupakan sebuah inovasi dalam transportasi. Dengan beroperasinya Gojek mampu membuat tukang ojek lebih efisien, tukang ojek tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk ngetem disembarang tempat menunggu penumpang.

Dengan slogan An Ojek for Every Need, Gojek tidak hanya menyediakan layanan transportasi angkutan penumpang, namun juga melayani Jasa Kurir untuk pengiriman dokumen dan barang, Jasa Belanja dan Go Food untuk pesan antar makanan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, jelang lebaran ini, Gojek meluncurkan layanan Go-World yang menawarkan tiga layanan baru, yaitu Jasa Pembersih untuk bersih-bersih rumah atau kantor, Jasa Pijat untuk pijat panggilan, dan Jasa Kecantikan layaknya salon keliling. Semua jenis layanan dapat dipesan oleh pelanggan lewat aplikasi.

Menejemen Gojek berharap dengan diluncurkannya layanan ini dapat mengikis para penganggur yang memiliki keahlian namun susah mencari kerja, memudahkan pelanggan yang ditinggal mudik pembantunya, memudahkan semua orang memiliki jasa relaksasi dan kecantikan tanpa harus pergi ke spa ataupun salon.kabarCSR/ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*