Cargill Bangun Demo Farm sebagai Model Pelatihan Peternak Sapi Perah

Cargill Indonesia

Cargill Feed and Nutrition (CFN) – unit bisnis Cargill di bidang pakan ternak yang memberikan solusi gizi untuk hewan- kembali menjalankan program Rural Development Campaign (RDC) dengan tema “Untuk Masa Depan Kita yang Lebih Baik”, lewat pembangunan Demo Farm bagi peternak sapi perah di daerah sentra susu Cipageran, Cimahi, Jawa Barat. Program RDC adalah perwujudan komitmen Cargill sebagai warga Korporasi di Indonesia yang bertanggung jawab dan turut mendukung upaya meningkatkan komunitas di sekitarnya melalui kegiatan Corporate Responsibility. RDC sendiri telah dilakukan sejak tahun 2013 oleh CFN yang berfokus pada pembangunan desa lewat pengembangan kemampuan dan pelatihan beternak. Di Bulan Agustus ini, Program RDC telah mendapatkan penghargaan Social Business Innovation Award untuk kategori industri pakan ternak.

Chandra Ekayana, Manajer Sumber Daya Manusia, Cargill Feed & Nutrition (CFN), mengatakan, ”Program Rural Development lewat pembangunan Demo Farm lengkap dengan Sapi perah, pakan, pelatihan dan pendampingan yang kami siapkan di Sentral Industri Susu ini merupakan model bagi pelatihan peternak sapi perah, agar mereka dapat memperkaya diri dengan pengetahuan terkini dan secara langsung dapat mempraktekkan cara beternak sapi perah yang unggul dan baik”. Lebih jauh dijelaskannya, “Model pelatihan ini kami harapkan akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu sapi didaerah ini sekaligus meningkatkan jumlah peternak Sapi yang tentunya diharapkan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka”.

Pembangunan kandang sapi dan perlengkapnnya juga dilengkapi dengan 3 ekor Sapi yaitu induk Sapi yang juga dilengkapi dengan konsentrat pangan berisi hijauan dan Vitamin yang mendukung sapi menghasilkan susu. Pelatihan mengenai cara beternak sapi yang baik, pola pemberian pakan untuk asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sapi selama diperah susunya termasuk perawatan sapi pasca melahirkan dan cara perawatan anakan Sapi agar menjadi bibit unggul juga diberikan kepada para peternak. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan.

Wahju Garini, RDC Leader, Cargill Feed Nutrition, menjelaskan,” Tahun 2016 ini saja telah dilakukan 7 kegiatan RDC, dan ini adalah yang kedelapan, Cargill menyediakan bibit dan bantuan pakan yang berkualitas serta pendampingan hingga mandiri, juga melengkapi mereka dengan berbagai pelatihan yang dibutuhkan”. Kegiatan RDC ditiap wilayah memiliki perbedaan jenis ternak disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi yang terpilih, seperti Makassar (ayam petelur), Semarang (Burung Puyuh), Purwodadi (Ayam potong), Medan (Ikan Nila), Gunung Putri-Bogor (Sapi Perah), Surabaya (Domba) dan yang terakhir di Serang (Ikan Lele).

Pelaksanaan RDC di Cipageran juga akan diukur hasilnya dengan parameter-parameter seperti jumlah susu, kualitas susu, peningkatan pendapatan, peningkatan pengetahuan dan jumlah ternak sapi yang ada.

Leave a Reply