Genjot Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Percepat Realisasi Bansos

jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas untuk membahas realisasi bantuan sosial (Bansos) di kantor Kepresidenan, Selasa, 7 Juli lalu. Bansos dibutuhkan untuk menjaga daya beli masyarakat ditengah tekanan inplansi. Pada saat bersamaan pemerintah pun terus menerus berusaha untuk kendalikan inflasi melalui operasi pasar dan pasar murah.

Hadir dalam ratas tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Kapolri Komjen Badrodin Haiti dan sejumlah menteri lainnya.

Menurut Jokowi pemerintah ingin memacu laju kegiatan ekonomi rakyat melalui berbagai program, termasuk program bantuan sosial, bantuan usaha menengah, kecil, dan mikro, serta program PKBL di BUMN.
“Intinya kita ingin agar kegiatan ekonomi rakyat terus berjalan. Oleh sebab itu, saya ingin agar penyaluran seluruh program bisa segera direalisasikan, diidentifikasi mana yang bersifat darurat, mana yang harus dipercepat, terutama untuk sektor-sektor produktif,” tuturnya.

Untuk itu, Jokowi menginstruksikan Menteri Koperasi dan UMKM dan Menteri Sosial untuk mempercepat validasi data penerima bantuan tersebut.

“Saya minta segera proses validasi datanya dipercepat. Koordinasi dengan BPS agar penyaluran program baik yang berupa bantuan, maupun jaminan sosial segera bisa direalisasikan dan tepat sasaran terutama sector produktif,” tegasnya.kabarCSR/ika.

Leave a Reply