Regional Marketing Award, Rangsang Pertumbuhan Ekonomi Daerah

irmangusman

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri berencana melaksanakan ajang penghargaan bagi daerah yang berhasil menggenjot pertumbuhan ekonomi kreatif di daerahnya. Penghargaan ini dikenal dengan Regional Marketing Award yang diharapkan mampu memotivasi tiap-tiap daerah untuk meningkatkan daya saing komoditi lokal yang dimiliki menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean akhir tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis 13 Agustus lalu.

“Ajang penghargaan ini digelar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah terutama pertumbuhan melalui peningkatan ekonomi kreatif serta optimalisasi komoditas lokal,” ujarnya.

Irman menegaskan, banyak komoditas lokal yang dimiliki kualitas ekspor belum dikenal secara luas. Oleh karena itu DPD RI menggandeng Mendagri, memberikan rangsangan ini untuk meningkatkan kreasi dan inovasi kepala daerah, mempromosikan produk-produk daerahnya ke pasar internasional.

“Kalau walikota ataupun gubernur mau kreatif dan inovatif itu mudah. Karena itu, dengan memberikan award ini, DPD ingin kita bisa menghadapi globalisasi,” pungkasnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyatakan mendukung dan mengapresiasi adanya Regional Marketing Award tersebut. Ajang ini diharapkan mampu mendorong kepala daerah untuk berinovasi dan berani mengambil keputusan untuk memajukan perekonomian daerahnya di tengah perlambatan pertumbuhn ekonomi yang sedang melanda Indoneisa.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi pemerintah. Karena itu, kegiatan ini, diharapkan memacu para kepala daerah berinovasi. Kami juga berharap kepala daerah untuk berani mengambil keputusan demi kemajuan daerahnya sendiri,” ungkapnya.

Regional Marketing Award terdiri dari tiga kategori, yaitu Pariwisata, Perdagangan dan Investasi. Penghargaan akan diberikan pada daerah tingkat I dan II yang memenuhi kreteria dari salah satu ataupun ketiga ketegori yang sudah ditetapkan. DPD RI melibatkan Kemenpar, Kemendag, BKPM, BPS, dan Indonesia Marketing Association sebagai dewan juri.kabarCSR/ika.

Leave a Reply