Press "Enter" to skip to content

Pertamina – Bakrie Group Bangun Nusantara Sustainability Hub

PT Pertamina (Persero) dan Bakrie Group bersinergi membangun Nusantara Sustainability Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui kemitraan strategis antara Bakrie Group dan Pertamina, Nusantara Sustainability Hub akan mewadahi berbagai penelitian yang akan dilakukan oleh International Institute of Sustainability Indonesia (IISI), untuk pengembangan pusat riset dan fasilitas pendidikan energi berkelanjutan kelas dunia.

Pembangunan Nusantara Sustainability Hub diawali dengan peletakan batu pertama (groundbreaking), yang secara simbolis dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, di wilayah Ibu Kota Nusantara, Rabu 5 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Basuki Hadimuljono, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, CEO Bakrie & Brothers Anindya Bakrie, Direktur Utama anak usaha Pertamina PT Patra Jasa Ray S.M Daulay, Direktur Utama Bakrie Center Foundation Jimmy Gani, serta mitra strategis lainnya.

“Pagi-pagi tadi saya buka, indeks kualitas udara di Jakarta berapa, angkanya 176, padahal standar kualitas udara yang baik itu berada di angka 0-50. Di Singapura 44, di Melbourne 38, di Paris 38. Terus berapa di Nusantara? Belum ada. Tapi saya meyakini, saya pastikan di bawah 30, feeling saja feeling. Tapi saya cek lagi di Penajam Paser Utara 34, hanya di kotanya PPU, di sini mestinya kurang lebih 20-an mestinya,” ungkap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga meyakinkan para investor bahwa berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah tindakan yang tepat. Menurutnya, IKN akan menjadi lokasi transformasi ekonomi hijau dan juga pengembangan  energi hijau.

Kolaborasi antara Pertamina dan Bakrie Group ini meliputi pengembangan infrastruktur shared-hub di wilayah strategis Edutown IKN, serta berbagai penelitian yang mencakup aspek keberlanjutan, seperti penelitian mineral kritis berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendukung transformasi eksplorasi sumber daya berkelanjutan. Kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa kerjasama yang terjalin di antara Pertamina dengan Bakrie Group selalu mengutamakan komitmen terhadap upaya mewujudkan pembangunan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan.

Dalam hal ini, Pertamina turut melibatkan Anak Perusahaan Portofolionya, PT Patra Jasa yang berperan dalam mengembangkan Nusantara Sustainability Hub tersebut.

Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa Pertamina melalui Patra Jasa akan membangun Nusantara Sustainability Hub secara bertahap, untuk mengembangkan aspek sustainability di IKN. “Nusantara Sustainability Hub ini bisa menjadi wadah untuk berbagai inisiasi, brainstorming, serta pengembangan berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak,” jelas Nicke.

Sedangkan Anindya Bakrie, selaku CEO dari Bakrie & Brothers menyampaikan bahwa dengan kemitraan Indonesia dengan Stanford Doerr School of Sustainability, IISI akan menjadi cikal bakal sekolah keberlanjutan pertama di Indonesia dan berperan penting dalam mempromosikan Nusantara IKN sebagai Silicon Valley Hijau di Asia Tenggara.  “Dengan menjajaki kemitraan Indonesia dengan Stanford Doerr School of Sustainability, kita tidak hanya akan membangun institut, tetapi kita juga membangun ekosistem yang mendukung inovasi,” jelas Anindya Bakrie. [rr]

Be First to Comment